Toiletku Sayang Toiletku Usang

G-Plasma – Toilet atau kamar mandi adalah fasilitas sanitasi, tempat buang air besar dan kecil, juga untuk tempat cuci tangan dan cuci muka. Dalam area pendidikan seperti di kampus, keberadaan toilet merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa, karena keseharian di kampus tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Namun di sisi lain, kebutuhan mengenai toilet menjadi hal yang tidak terpisahkan setiap hari. Tentu dalam penggunaanya dibutuhkan suasana yang nyaman untuk sekedar melepas beban. Bukan hanya sekedar mampu menampung, tapi juga memberikan rasa rileks. Lalu bagaimana jika keberadaan toilet kampus jauh dari kata memadai?

Faktanya keberadaan toilet kampus Politeknik Negeri Madiun (PNM) belum bisa berfungsi secara maksimal. Salah satunya adalah toilet cewek yang berada di kampus 2 Winongo. Gedung kampus 2 yang terbilang belum lama dibangun tersebut, memperlihatkan banyaknya fasilitas toilet yang sudah tidak bisa digunakan. Ada 3 dari 4 toilet yang disediakan, dinyatakan rusak. Sehingga hanya satu yang dapat digunakan. Tentunya hal ini menjadi fenomena yang sangat memprihatinkan. Saat diwawancarai mengenai hal ini, beberapa mahasiswa mengaku mengeluh dengan banyaknya fasilitas kamar mandi yang rusak dan tidak kunjung diperbaiki. Kedengarannya memang sepele, namun bisa dibayangkan bagaimana susahnya jika fasilitas yang satu ini tidak kunjung diperbaiki. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu mahasiswa, “pertama kali masuk kamar mandi cewek itu rasanya kaget, karena dari 4 kamar mandi itu yang bisa cuma satu, terus satu itu tempatnya juga nggak memadai gitu lo, harusnya segera dilakukan perbaikan”.

Hal serupapun juga menimpa mahasiswa lain. Ditemui pada saat itu mahasiswa tersebut mencurahkan mengenai pengalamannya saat menggunakan fasilitas toilet kampus, “pada saat aku pergi ke kamar mandi cewek dan melihat hanya satu kamar mandi saja yang terpakai dan bisa digunakan, bisa digunakan saja itu masih dalam keadaan rusak juga. Maka dari itu, aku pindah ke kamar mandi bagian cowok. Dan itu aku bela-belain kesana, karena itu memang sudah nggak bisa ditahan lagi. Dan dimohon kedepannya untuk segera diperbaiki kamar mandi yang ada di kampus” kata salah satu mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2015. Lebih disayangkan lagi, karena kejadian toilet rusak juga terjadi kampus 1 PNM, “hal serupapun pernah saya alami di kamar mandi kampus 1 di dekat ruang praktek mahasiswa otomotif, nah disitu saya menjumpai seorang cowok yang masuk kamar mandi cewek juga, dan ketika saya tanya, kenapa kok berada di kamar mandi sini dan jawabannya karena toilet bagian cowok juga mengalami banyak kerusakan. Makanya dia berpindah ke kamar mandi cewek untuk mendapatkan air. Dan itu yang pernah saya jumpai sebelumnya” tambah mahasiswa tersebut.

Fasilitas memang sudah menjadi problematika serius di kampus. Bicara mengenai fasilitas kampus memang tidak ada habisnya. Keluhan atas fasilitas seakan menjadi lagu wajib bagi mahasiswa. Dengan banyaknya kerusakan toilet di kampus diharapkan untuk pihak kampus segera memperbaiki. Tidak hanya mengenai toilet, namun juga sarana prasarana lain yg dirasa sudah tidak layak digunakan. Karena dengan sarana kampus yang memadai, tentu akan menunjang keaktifan dan kenyamanan mahasiswa dalam melakukan kegiatannya. (Nelly, Ipus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*