Pertama Kalinya PNM Gelar Job Fair

Minggu(19/02) Madiun- kesibukan panitia pada pagi hari memeriksa kesiapan diadakannya event jobfair di hall Politeknik Negeri Madiun (PNM) mulai terlihat. Di depan gerbang kampus terlihat para satpam bersiap untuk menjaga keamanan acara dan berjaga di pintu masuk yang berada di gerbang selatan kampus dan pintu keluar yang berada di gerbang barat kampus. Pada pukul 08.10 WIB, event dimulai dengan dibuka oleh dua mahasiswa, Izza Bachtiar dan Binar Asri, selaku moderator acara. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk Rakhmad Gusta, ST., M.T. sebagai ketua kegiatan pelaksana jobfair. Dilanjutkan sambutan dari Wakil Direktur 3, Bpk Prasetyo Yekti Utomo, S.E, M.M. dan diakhiri dengan sambutan dari Direktur PNM, Ir Muhammad Luqman, M.S. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan foto bersama antara perwakilan pihak kampus, para participant dan panitia.  Acara ditutup oleh moderator yang menandakan dibukanya stand jobfair untuk para pengunjung.

Jobfair tahun ini menjadi yang pertama diadakan oleh pihak kampus PNM.“Sebenarnya jobfair ini masih satu rangkaian Dies Natalis Poltek yang kemarin. Namun karena persiapan dan kita butuh waktu, jadi baru terlaksana pada bulan Februari ini”, ungkap Budi Artono, S.T., M.T. selaku sie acara jobfair. Hall yang menjadi tempat pelaksanaan jobfair, telah dipenuhi oleh 16 stand dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, keuangan, manufaktur, perbankan, transportasi hingga perbelanjaan dan perdagangan. Keenambelas stand tersebut berasal dari PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT Trijaya Excel Madura, PT Indraco Suncity Festival Madiun, PT Telkom Indonesia Madiun, PT Pan Brother Tbk, PT Finensia Multi Finance (Kredit Plus), PT Keraton Agri Nusantara, PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, PT Inka Persero, PT Nitama, PT Dan Liris, PT United Motors Center Madiun, PT Marco Motor, PT Permodalan Nasional Madani dan PT Department Store Madiun serta 1 stand Alumni PNM. Beliau juga menambahkan “Tujuan pertama kita mengadakan jobfair sebenarnya adalah untuk seberapa kita tau informasi lulusan dari PNM sudah kerja dimana saja. Untuk itu kita siapkan stand 5 (Alumni PNM) untuk mengisi biodata serta hal yang terkait dengan studi tracer. Harapannya dapat kita kontrol dan monitoring lulusan itu bisa bekerja dimana saja dan bisa menjalin dengan beberapa perusahaan yang lain”.

Persiapan yang dilakukan panitia untuk pengadaan jobfair ini sekitar 2 bulan. Persiapan tersebut dilakukan setelah mendapat konfirmasi-konfirmasi pada perusahaan yang akan mengikuti acara ini. Sementara itu, banyak perusahaan yang terpaksa harus ditolak keikutsertaannya oleh panitia karena memberi respon pada akhir waktu mendekati pelaksanaan jobfair dan juga karena terbatasnya tempat stand di hall kampus yang digunakan. Semua pengadaan dan peminjaman stand tidak dipungut biaya apapun dari perusahaan yang mengikuti jobfair, sehingga semua biaya ditanggung oleh kampus. Perusahaan tersebut hanya perlu untuk mempersiapkan informasi tentang pekerjaan yang disediakan dan kebutuhan pendaftaran para pengunjung, seperti banner, brosur, formulir pendaftaran dsb.

Jobfair dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama akan dibuka pagi, setelah pembukaan hingga istirahat siang sekitar pukul 12.00 WIB. Sesi kedua akan dibuka sekitar pukul 13.00-16.00 WIB. Pada sesi pertama, kepadatan pengunjung sudah terlihat. Setiap stand disesaki penuh dengan para pelamar pekerjaan yang akan mengumpulkan CV ke perusahaan tersebut. Antusiasme pengunjung tak dapat terbendung dan terus berdatangan di luar gerbang meski sesi pertama telah ditutup. Sehubungan dengan hal itu, bapak Budi Artono menambahkan ”Diluar prediksi, karena ini baru pertama. Tapi kita coba fasilitasi, salah satu dengan cara parkir kita tambah”. Namun demikian, dapat dirasakan bahwa masih sangat kurangnya lahan parkir untuk kendaraan para pengunjung meskipun telah ditambah. Sehingga banyak kendaraan pengunjung jobfair yang terparkir dipinggir jalan sisi barat dan depan PNM. Antusiasme yang besar juga dirasakan salah satu pengunjung, Yuliana, salah satu lulusan SMK yang berasal dari Ponorogo ini mengungkapkan “pokoknya si kalau aku kan pertama ya, nggak memberikan tanggapan apa-apa. Lebih antusias. Saya kan anak SMK, jadi agak diperbanyaklah lowongan anak SMK”. Pengunjung yang berparas cantik inipun menambahkan agar lebih memperhatikan ketertiban dari arus pengunjung stand agar tidak uyel-uyelan. Salah satu penunggu stand, PT Finensia Multi Finance menuturkan kepuasannya terhadap antusias pengunjung “Antusiasmenya gede ya mbak. Kita jam segini (10.30) sudah dapat 109 orang. Mungkin sampai nanti sore kita optimis untuk mencapai 200 orang”.

Acara yang diminati oleh ratusan pengunjung dari berbagai latar belakang mulai dari lulusan SMK/sederajat hingga Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat memperbanyak stand perusahaan yang mengikuti jobfair dan juga tidak hanya tersedia lowongan pekerjaan untuk lulusan D3 dan S1 saja, namun juga untuk lulusan SMK. Dari salah satu perwakilan panitia juga menambahkan harapannya “Semoga acaranya berjalan lancar. Kita juga berharap tahun depan kesediaan perusahaan lebih banyak. Dan para alumni dapat mengisi kuisioner sehingga kita dapat memantau alumni itu kerja dimana. Agar kita mengetahui kualifikasi perusahaan yang dibutuhkan dari mahasiswa kita itu apa aja.”

Acara yang berlangsung selama 8 jam itu masih tetap ramai pengunjung hingga akhir acara. Acara ini juga dihibur dengan band-band perwakilan dari UKM Musican PNM dengan membawa beberapa lagu. Dalam acara tersebut, ikut berpartisipasi dari UKM Kewirausahaan yang menyediakan makanan dan minuman untuk mengisi kekosongan perut para pengunjung dan juga beberapa partisipan lain yang ikut menjajakan dagangannya berupa makanan, handphone serta provider.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*